PBA UIN Akan Terapkan Pembelajaran Digital


Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung merupakan perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang sedang tumbuh. Pasca transformasi dari IAIN menjadi UIN, April 2017, sejumlah kerjasama dan peningkatan mutu terus di galakkan. Dalam waktu dekat, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Raden Intan akan tanda tangani _memorandum of understanding_ (MoU) dengan Universitas Elektronik Saudi.
 
Meski sudah terakreditasi A, prodi PBA merasa Mou ini penting sebagai  upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan.  Dengan MoU tersebut nantinya penerapan pembelajaran Bahasa Arab bisa secara digital. Pembelajaran tersebut sebagai jawaban dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.
 
Dengan MoU itu pula, proses penerapan pembelajaran didapat secara gratis. Jika secara  mandiri, pembelajaran digital tersebut harus berbayar.   Keistimewaan lain dari program bahasa Arab digital Universitas Elektronik Saudi adalah program tersebut terdapat 796 video  interaktif, 12.000 file mp3, dan 6.320 gambar pembelajaran, serta ribuan latihan praktis. Keunggulan program ini merupakan terobosan dari proses pembelajaran selama ini yang masih konvensional.
 
Melalui _Ittihad Muallimii al Lughah al Arabiyah_ (IMLA) yakni sebagai asosiasi pengajar bahasa Arab, sekitar 45 perguruan tinggi dan lembaga Se-Indonesia akan menandatangani MoU dan melakukan kerja sama dengan Universitas Elektronik Saudi yang akan berlangsung di Universitas Negeri Malang pada 28-29 September 2018. Dari UIN Raden Intan direncanakan akan dihadiri oleh rektor, ketua dan sekretaris prodi PBA.
 
Selain penandatangan MoU secara bersama, kegiatan tersebut juga akan diisi dengan pelatihan dan sosialisasi teknis penerapan program bahasa Arab tersebut.